Sabtu, 16 Maret 2013

Cara Menjadi Investor di Bursa Efek Indonesia

Tentu kita ketahui bersama bahwa pasar modal merupakan salah satu alternatif bagi kita untuk berinvestasi selain investasi emas, properti dan lainnya. Namun, bagi kebanyakan orang investasi pada pasar modal belum terlalu familiar seperti apa dan bagaimana caranya. Saya akan berikan informasi bagaimana cara menjadi seorang investor di pasar modal Indonesia.

Cara menjadi seorang investor saham:
  1. Datanglah ke salah satu perusahaan sekuritas untuk membuka rekening (seperti saat membuka rekening tabungan di Bank). Terdapat banyak perusahaan sekuritas sebagai pilihan tempat kita untuk membuka rekening.Saya sarankan temen-temen cari info terlebih dahulu perusahaan sekuritas yang memiliki reputasi baik dan kalau bisa yang sudah memiliki fasilitas transaksi online agar lebih memudahkan dalam transaksi.
  2. Saat datang kita diminta untuk mengisi formulir dan jangan lupa untuk bawa fotocopy KTP.
  3. Setiap perusahaan sekuritas menetapkan minimal deposit awal untuk calon investor agar bisa berinvestasi, biasanya minimal Rp5 juta atau lebih.
  4. Setelah aplikasi kita disetujui, kita sudah dapat bertransaksi.
  5. Selamat mencoba. 
Bagi rekan-rekan yang baru pertama kali atau masih awam dengan dunia pasar modal namun ingin berinvestasi maka saya sarankan untuk berinvestasi dalam reksa dana. Silahkan melihat info saya berikut mengenai Reksa Dana.

2 komentar: